Penyakit Tipes, Gejala, Penyebab, Pantangan, Anjuran dan Cara Mengobatinya

Manfaat Daun Basil Untuk Obat Tipes Dan Cara Pengolahanya

Tipes adalah penyakit yang paling banyak diderita di Indonesia. Semua orang dapat beresiko mengalaminya, tak terkecuali pada anak-anak yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Penyakit ini disebabkab oleh bakteri Salmonella typhi yang menyebar melalui makanan ataupun minuman yang telah terkontaminasi. Penyakit ini bisa membahayakan nyawa jika tidak ditangani secara baik.

Daun basil adalah tanaman rempah yang masih keluarga dengan daun kemangi dan daun mint. Selain digunakan untuk bumbu masak, ternyata daun basil juga bisa digunakan untuk pengobatan herbal penyakit tipes. Yuk simak manfaat daun basil berikut ini.

Basil adalah sebuah tanaman herbal yang banyak digunakan sebagai obat. Basil digunakan untuk mengobati kejang perut, penyakit tipes, kehilangan nafsu makan, perut kembung, kondisi ginjal, retensi cairan, sakit kepala, kutil, dan infeksi menjalar. Herbal ini juga digunakan untuk mengobati gigitan ular dan serangga.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa daun basil adalah sumber yang baik untuk vitamin C, kalsium, magnesium, kalium dan zat besi. Bahan kimia pada holy basil diperkirakan dapat mengurangi nyeri dan bengkak (peradangan). Bahan kimia lainnya dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Sebuah penelitian menunjukkan peningkatan antibodi dan ini menandakan bahwa basil bisa digunakan sebagai peningkat kekebalan.

Manfaat Daun Basil Untuk Obat Tipes Dan Cara Pengolahanya

Daun basil memiliki khasiat antibiotik dan antibakteri yanag dapat menghambat bakteri Salmonella Typhi dalam pencernaan. Selain itu, bahan alami ini juga membantu menurunkan demam, menghangatkan perut, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Daun basil juga bisa melawan bakteri karena terbukti mengandung zat antimikroba yang efektif melawan berbagai bakteri, ragi, dan jamur dari makanan terkontaminasi. Hasil penelitian dari India menunjukkan bahwa minyak daun selasih manjur melawan E. coli, bakteri paling umum penyebab keracunan makanan.

Cara pengolahanya yaitu :
  • Siapkan 20 helai daun basil, 1 sendok teh jahe yang dihancurkan dan 1 gelas air
  • Rebus semua bahan hingga larutannya berkurang setengahnya
  • Tambahkan sedikit madu untuk menambah rasa manis
  • Minum larutan tersenbut sebanyak 2 sampai 3 kali sehari hingga masa pemulihan.
Semoga informasinya bermanfaat :)

Manfaat Daun Basil Untuk Obat Tipes Dan Cara Pengolahanya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indri Jamu Walatra

0 comments:

Post a Comment