Penyakit Tipes, Gejala, Penyebab, Pantangan, Anjuran dan Cara Mengobatinya

Manfaat Cengkeh Sebagai Obat Tipes Alami dan Cara Pengolahanya

Tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi. Bakteri ini masuk kedalam tubuh melalui makanan ataupun minuman yang telah terkontaminasi. Pengobatan perlu dilakukan saat seseorang menunjukan gejalanya supaya tidak menimbulkan komplikasi yang membahayakan nyawa. Berikut ini manfaat cengkeh dalam pengobatan tipes.

Cengkeh adalah rempah serbaguna yang memiliki rasa manis dan aroma harum yang khas. Cengkeh biasanya digunakan sebagai bumbu rendaman untuk pangganggan, menambah rasa pada minuman hangat hinga untuk memperkuat aroma kue. Namunm, tahukah anda bahwa cengkeh bisa digunakan untuk obat alami tipes.

Cengkeh memiliki kandungan nutrisi penting yaitu energi sebesar 21 kalori, 1 gram karbohidrat dan 1 gram serat. Satu sendok cengkeh juga mampu memenuhi 30 % kebutuhan mangan, 4% vitamin K dan 3% vitamin C dari kebutuhan harian tubuh. Cengkeh juga mengandung kalsium, magnesium dan vitamin E meski jumlahnya sedikit.

Manfaat Cengkeh Sebagai Obat Tipes Alami dan Cara Pengolahanya

Cengkeh memiliki sifat antibakteri yang mempu menghentikan infeksi bakteri salmonella typhi. Sebuah penelitian menunjukan bahwa minyak essensial dalam cengkeh efektif membunuh bakteri E. Colli yang dapat menyebabkan kram perut, diare hingga kelelahan.

Kandungan minyak essensial juga masuk dalam daftar bahan alami yang digunakan sebagai obat tipes. Cengkeh dapat membantu mengurangi tingkat keparahan diare dan muntah yang disebabkan oleh tipes.

Cara pengolahanya :
  • Siapkan 5 sampai 7 kuncup cengkeh dan 1 gelas air
  • Masukan 5 sampai 7 kuncup cengkeh dan air kedalam panci
  • Rebus hingga mendidih dan tersisa setengahnya
  • Dinginkan kemudian konsumsi secara rutin selama 1 minggu.
Semoga informasinya bermanfaat.

Manfaat Cengkeh Sebagai Obat Tipes Alami dan Cara Pengolahanya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indri Jamu Walatra

0 comments:

Post a Comment