Penyakit Tipes, Gejala, Penyebab, Pantangan, Anjuran dan Cara Mengobatinya

Manfaat Daun Sambiloto Untuk Tipes dan Cara Pengolahanya

Tipes atau demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi. Terjadinya tipes disebabkan oleh lingkungan sekitar yang kurang terjaga atau kurang bersih, sehingga kuman tersebut masuk kedalam saluran pencernaan melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi. Selain menggunakan pengobatan medis, anda juga bisa memanfaatkan daun sambiloto sebagai obat tipes alami. Yuk ketahui beberapa kandungan dan khasiat daun sambiloto.

Sambiloto adalah salah satu tumbuhan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah Asia dan India. Sudah lama tanaman ini dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu menyembuhkan penyakit.

Daun sambiloto memiliki kandungan andrographolide  yang merupakan senyawa utama dari sambiloto yang berkhasiat sebagai antiinflamasi, antidiabetes, antioksidan dan antiaterosklerosis. Selain itu kandungan andrographolide inilah juga yang menyebabkan daun ini terasa pahit di semua bagiannya.

Manfaat Daun Sambiloto Untuk Tipes dan Cara Pengolahanya

Daun sambiloto dapat menurunkan demam , sakit kepala serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena ekstrak tanaman ini bersifat imunostimulan yaitu untuk meningkatkan kinerja organ-organ yang berhubungan dengan sistem imun. Sifat ini terutama bekerja pada infeksi saluran pernapasan atas dan infeksi HIV. Selain itu, sambiloto dapat digunakan untuk meredakan peradangan (antiinflamasi) dan mengurangi keluhan-keluhan yang berkaitan dengan organ hati.

Sambiloto dapat digunakan untuk menjaga kesehatan saluran cerna Anda. Tanaman ini mampu membantu Anda mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti diare, sembelit, kolik, gas dalam usus, dan sakit perut. Selain itu, A. paniculata juga dapat membantu memperkuat organ hati dan mengatasi masalah hati, seperti pembesaran hati, sakit kuning, dan kerusakan hati akibat obat.

Cara pengolahanya
  • Siapkan 10-15 lembar daun sambiloto dan 2 gelas air
  • Cuci bersih daun sambiloto
  • Kemudian rebus menggunakan dengan 2 gelas air
  • Biarkan mendidih dan tersisa setengahnya
  • Konsumsi air rebusan tersebut selagi hangat
Sebaiknya hindari konsumsi daun sambiloto saat hamil karena berisiko menyebabkan keguguran, hindari konsumsi saat memiliki tekanan darah rendah karena bisa menurunkan tekanan darah.

Semoga informasinya bermanfaat.

Manfaat Daun Sambiloto Untuk Tipes dan Cara Pengolahanya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indri Jamu Walatra

0 comments:

Post a Comment