Penyakit Tipes, Gejala, Penyebab, Pantangan, Anjuran dan Cara Mengobatinya

Cara Menurunkan Demam Tipes Dengan Bahan Alami Di Rumah

Tipes atau demam tifoid adalah penyakit akut yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi. Bakteri tersebut ditemukan di air atau makanan yang terkontaminasi. Penyakit ini mumum sekali terjadi di negara-negara berkembang, terutama pada anak-anak. Lalu bagaimana cara menurunkan demam tipes secara alami ?


Gejala utama yang dirasakan saat tipes adalah demam yang meningkat setiap harinya hingga mencapai 40,5 derajat Celcius. Pengobatan perlu segera dilakukan saat mulai menunjukan gejala utama. Nah untuk mendukung pengobatan dari dokter, anda juga bisa menambahkan beberapa obat tipes alami untuk menurunkan demam dan membantu anda cepat pulih.

Cara Menurunkan Demam Tipes Dengan Bahan Alami Di Rumah

Selain mengandalkan obat-obatan dari dokter, anda juga bisa mencoba sejumlah bahan alami di rumah untuk memperceoat pemulihan dan menurunkan demam tipes. Diantaranya dengan;

Cuka sari apel

Cuka sari apel ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk mengembalikan energi pada pasien tipes. Sifat asam dari bahan alami ini dapat membantu mengeluarkan panas tubuh sehingga dapat menurunkan demam tipes secara perlahan. Kandungan mineralnya juga menggantikan mineral yang hilang karena diare.

Cara penggunaanya ialah dengan mencampurkan setengah sendok teh cuka sari apel dan sedikit madu dalam segelas air. Kemudian minum larutan tersebut sebelum makan selama 5 sampai 7 hari. Anda juga bisa menggunakan cuka sari apel untuk mengompres demam dengan cara mencampurkan cuka sari apel dengan air hangat perbandingan 1:2 lalu kemudian celupkan kain lap dan tempelkan di dahi. Ulangi hingga demam anda turun.

Bawang putih
Selain meningkatkan cita rasa masakan, bawang putih berguna sebagai obat tipes alami. Karena bawang putih mengandung sifat antimikroba yang berguna untuk membilas racun berbahaya dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi meningkat.

Cara penggunaanya ialah dengan mengkonsumsi langsung dua siung bawang putih saat perut kosong. Lakukanlah cara ini dalam beberapa minggu hingga anda merasa lebih baik. Selain itu, anda bisa mencampurkan setengah sendok teh bawang putih yang sudah dihancurkan, secangkir susu dan empat gelas air. Rebus larutan tersebut hingga tersisa setengahnya kemudian konsumsi 3 kali sehari.

Daun basil (daun selasih)

Daun basil atau dengan daun basil adalah salah satu bahan alami yang efektif untuk mengobati tipes. Daun selasih memiliki khasiat antibiotik dan antibakteri yang dapat menghambat bakteri salmonella typhi. Selain itu, bahan alami ini juga membantu menurunkan demam, menghangatkan perut, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara meraciknya pun cukup mudah.
  • Siapkan 20 helai daun selasih, 1 sendok teh jahe yang dihancurkan, dan 1 gelas air
  • Rebus semua bahan hingga larutan berkurang setengahnya
  • Tambahkan sedikit madu untuk menambah rasa manis
  • Minum larutan tersebut sebanyak 2 sampai 3 kali sehari hingga masa pemulihan
Pisang

Ternyata mengkonsumsi pisang setiap hari berkhasiat sebagai pencegahan tipes. Pisang mengandung serat pektin atau serat larut yang dapat menyerap cairan di usus sehingga menurunkan diare. Tak hanya itu, pisang juga mengandung kalium yang berfungsi untuk menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare dan demam.

Untuk mempercepat pemulihan, anda dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang 2 sampai 3 buah pisang setiap harinya.

Cengkeh


Kandungan minyak cengkeh memiliki sifat antibakteri. Cengkeh dapat membantu mengurangi tingkat keparahan diare dan muntah yang disebabkan oleh tipes. Cara membuatnya adalah dengan masukan 5 sampai 7 kuncup cengkeh ke dalam air mendidih dan rebus hingga airnya tersisa setengah. Setelah larutan menjadi dingin, minum secara rutin di siang hari selama minimal satu minggu.

Oralit

Oralit dapat membantu mengurangi gejala tipes dan mempercepat pemulihan. Anda bisa membuat oralit dengan tiga bahan dasar yang ada di rumah yaitu, gula, garam dan air. Campurkan setengahn sendok teh garam dan enam ensok teh gula ke dalam 4 gelas air. Minum larutan oralit selama beberapa kali dalam sehari sampai tubuh benar benar pulih. Anda juga dapat membeli laruta oralit kemasan di apotek terdekat lalu larutkan dalam segelas air.

Cara Menurunkan Demam Tipes Dengan Bahan Alami Di Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indri Jamu Walatra

0 comments:

Post a Comment