Penyakit Tipes, Gejala, Penyebab, Pantangan, Anjuran dan Cara Mengobatinya

Penderita Tipes Disarankan Untuk Hindari Makanan Ini

Anda menderita penyakit tipes? Penyakit tipes disebabkan karena infeksi bakteri pada usus halus oleh Salmonella typhi. Bakteri tersebut masuk dalam tubuh anda melalui saluran pencernaan yang selanjutnya akan berkembang biak dan menembus dinding usus menuju saluran limfa dan pembuluh darah. Jika anda mengalami penyakit ini, ada beberapa makanan yang wajib anda hindari. Apa saja?

Makanan Pedas

Anda sangat dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan pedas seperti cabe ataupun merica. Pedas dari cabe maupun merica bisa memicu tipes yang lebih parah akibat dari peradangan dalam pencernaan Anda.

Daging Sapi

Daging memiliki banyak serat yang kasar. Sehingga dapat membuat lambung semakin parah. Hal ini dikarenakan lambung akan bekerja lebih keras dari biasanya dalam mencerna makanan ini. Untuk itu perlu anda hindari sampai benar benar penyakit tipes ini sembuh.

Ketan merah

Ketan merah ini memiliki tekstur lengket, dan kempel. Sehingga ketika masuh ke dalam tubuh maka akan mengakibatkan sistem produksi bekerja secara maksimal. Hal ini yang kemudian akan mengganggu dalam proses pemulihan lambung yang terkena inveksi tipes.

Roti gandum
Selain beras merah, makanan lain yang tidak kalah penting untuk dihindari bagi penderita tipes yaitu roti gandum. Kenapa roti ini tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita tipes? Sebab roti gandum ini memiliki serat kasar. Dikhawatirkan juga akan melukai lambung yang ada dalam kondisi yang sangat terluka.

Ikan Asin

Selain daging ayam ikan asin juga menjadi salah satu makanan yang perlu dihindari ketika menderita penyakit tipes. Masalahnya sama, ikan asin juga masih memiliki kandungan serat yang tidak diperkenankan bagi penderita tipes. Sebab memungkinkan lambung itu akan kerja keras, hal itu justru akan berakibat sangat buruk terhadap kelangsungan penyembuhannya.

Penderita Tipes Disarankan Untuk Hindari Makanan Ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indri Jamu Walatra

0 comments:

Post a Comment