Penyakit Tipes, Gejala, Penyebab, Pantangan, Anjuran dan Cara Mengobatinya

Tes Tubex, Tes Darah Yang Cepat dan Efektif Untuk Mendiagnosis Tipes

Tipes adalah penyakit endemik yang rentan terjadi di masyarakat. Biasanya, saat anda dicurigai terkena tipes, dokter akan memastikan dan mendiagnosis lewat darah. Namin ada satu tes darah baru yang mungkin dapat memberikan hasil lebih efektif yaitu tes Tubex. Anda bisa menjalani tes ini di rumah sakit, klinik atau laboraturium kesehatan. Lantas, bagaimana cara tesnya ?

Tipes adalah demam tifoid yaitu penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi. Bakteri ini biasanya ditularkan melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi. Gejalanya meliputi lemas, letih, sakit kepala, sakit perut, diare atau sembelit, penurunan berat badan dan munculnya ruam berupa bintik merah di kulit.

Apa itu tes Tubex ?

Tubex adalah seperangkat alat uji untuk mendeteksi keberadaan antibodi IgM anti-O9 dalam darah. Antibodi tersebut secara otomatis dihasilkan oleh sistem imun saat tubuh terinfeksi oleh bakteri S. typhi. Jadi apabila tes Tubex mendeteksi adanya antibodi IgM anti-O9 dalam sampel darah Anda, artinya Anda terdiagnosis positif sakit tipes. Alat uji darah ini diproduksi oleh perusahaan IDL Biotech asal Swedia.

Langkah cara uji Tes Tubex

Tes Tubex hanya bisa dilakukan di klinik, rumah sakit, atau laboratorium. Durasi tesnya cukup cepat, hanya menghabiskan waktu sekitar 10 menit sampai hasil akhirnya bisa diketahui.


Prosedur tes Tubex di laboratorium:
  1. Teknisi lab akan mengambil darah Anda.
  2. Teknisi akan memasukkan 45μl antigen magnetic particle (Brown regeant) ke dalam masing-masing 6 buah tabung reaksi.
    Setelahnya, masukkan 45μl sampel darah pasien ke semua tabung reaksi.
  3. Diamkan selama 2 menit.
    Setelah 2 menit, teknisi akan meneteskan 90µl antibody-coated indicator particle (Blue reagent).
  4. Tutup setiap tabung reaksi dengan menggunakan selotip medis khusus yang disediakan bersama perangkat Tubex
  5. Teknisi kemudian akan memiringkan tabung tersebut dan mengocoknya selama 2 menit. Ini bertujuan untuk memperluas hasil reaksi.
  6. Setelah 2 menit, tabung diberdirikan kembali dan diletakkan di atas magnet.
  7. Diamkan dalam keadaan berdiri tegak selama 5 menit. Langkah ini dilakukan untuk memulai proses pengendapan.
Diagnosis positif atau negatif dari demam tifoid dapat dilihat dari warna yang ditampilkan dalam tabung. Hasil tes yang positif umumnya ditandai dengan warna biru, artinya tidak ada perubahan warna pada cairan sampel. Warna biru menunjukkan sampel darah Anda mengandung antibodi IgM anti-O9.

Seberapa efektif tes Tubex?

Tes Tubex termasuk sebuah terobosan baru sehingga penelitian spesifik yang memelajari efektivitasnya untuk mendiagnosis tipes masih sangat terbatas. Namun, rilis media yang diterbitkan oleh perusahaan produsen tes, IDL Biotech, menyebutkan bahwa tes ini memiliki sensitivitas hingga 95% dengan spesifisitas 80%. Apa artinya?

Sensitivitas dan spesifisitas adalah tolak ukur kemampuan sebuah tes skrining untuk bisa membedakan mana individu yang sakit dan yang tidak. Sensitivitas mengacu pada seberapa akurat tes skrining tersebut dalam mengenali penyakit pada orang yang benar-benar menderita penyakit tersebut, dikategorikan sebagai “positif”. Sementara spesifisitas adalah tolak ukur keakuratan tes untuk mengecualikan orang yang benar-benar tidak terjangkit penyakit tersebut, dikategorikan dengan “negatif”.

Sebuah tes skrining dikatakan ideal jika sangat sensitif dan sangat spesifik. Tes yang sangat spesifik dan sangat sensitif berarti hanya ada sangat sedikit hasil negatif/positif palsu, sehingga lebih sedikit kasus penyakit yang salah diagnosis.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalan Journal of Medical Microbiology tahun 2008 menyebutkan bahwa tes Tubex mampu mendeteksi 15 galur S. typhi dan 6 galur Salmonella enteritidis.

Tes Tubex, Tes Darah Yang Cepat dan Efektif Untuk Mendiagnosis Tipes Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indri Jamu Walatra

0 comments:

Post a Comment