Penyakit Tipes, Gejala, Penyebab, Pantangan, Anjuran dan Cara Mengobatinya

Pernah Tipes, Mungkinkah Kambuh Kembali Saat Puasa?

Tipes merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, tak terkecuali pada anak-anak. Tipes sering dikaitkan dengan kondisi tubuh yang terlalu lelah, tapi hal itu tidak sepenuhnya benar.


Meskipun sudah pernah mengalami dan sudah menjalani pengobatan, tapi tipes ternyata adalah jenis penyakit yang bisa kambuh kembali. Salah satu pemicu tipes pada orang dewasa adalah menurunnya sistem kekebalan tubuh yang dibarengi dengan kebiasaan makan sembarangan dan tidak memperhatikan kebersihan. Lantas bisakah tipes kambuh kembali selama bulan puasa ?

Salah satu penyebab tipes kembali kambuh adalah kebiasaan buruk yang tidak biasa memperhatikan asupan makanan. Apakah bisa kambuh selama bulan puasa? Ya tentu saja. Tipes bisa kembali menyerang tubuh jika kamu sembarangan dalam memilih makanan yang dikonsumsi saat sahur maupun berbuka puasa.

Saat berpuasa, seseorang diwajibkan untuk menahan lapar dan haus mulai dari terbitnya fajar, hingga matahari terbenam. Dengan kata lain, tubuh tidak akan mendapat asupan makanan maupun minuman selama hampir 14 jam.

Hal itu kerap membuat seseorang “sembarangan” dan kalap dalam menyantap makanan saat masuk waktu berbuka puasa. Kamu mungkin tidak lagi terlalu peduli dengan jenis makanan yang dikonsumsi dan tidak lagi memperhatikan apakah makanan tersebut berisiko terkontaminasi bakteri penyebab penyakit tipes atau tidak. Kalau sudah begitu, risiko penyakit tipes kembali menyerang akan meningkat.

Untuk menghindarinya, biasakan mengonsumsi jenis makanan sehat saat sahur maupun berbuka puasa. Selain menghindari tipes, menjaga pola makanan dan jenis makanan yang dikonsumsi juga bisa membantu mencegah serangan penyakit lain. Sebab, tubuh yang sehat dan bugar adalah bekal utama untuk dapat menjalankan ibadah puasa.

Pernah Tipes, Mungkinkah Kambuh Kembali Saat Puasa? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Indri Jamu Walatra

0 comments:

Post a Comment